Me In The Middle of: Wat tu du??

hoho.. lagi ga ada kerjaan. harusnya sekarang jadwal latihan bulutangkis sama anak2 UBT. ya sudah.. buka2 blog lagi,, uhhhh,, lagi ga ada inspirasi.. terpaksa posting tugas jurnalisme nih..
met baca…

Material “Nanggung” Bikin Hidup Lebih Hidup

Mari kita sebut alat-alat yang ada di sekitar kita. Mulai dari komputer, handphone, televisi, sampai rice cooker semuanya merupakan alat yang praktis. Jika kita berpikir lebih jauh, apa yang membuatnya menjadi praktis? Bagaimana hingga bisa menjadi praktis seperti itu? Maka jawaban dari semua pertanyaan-pertanyan itu ada pada semikonduktor.

Saat kita membicarakan arti dari konduktor, konduktor adalah material yang mudah menghantarkan listrik atau panas. Saat kita membicarakan isolator, isolator adalah material yang sukar menghantarkan listrik atau panas. Isolator dan konduktor, hanya sebatas itu penjelasannya. Tidak ada yang istimewa. Lain halnya ketika kita membahas semikonduktor. Material ini terlalu “nanggung” untuk bisa maupun tidak bisa menghantarkan arus listrik. Material “nanggung” inilah yang menjadi pusat perhatian para pelaku riset dari tahun 1947 hingga saat ini.

Material “nanggung” ini mulai menjadi perhatian dunia sejak tahun 1947. Di tahun itu ditemukan komponen elektronika pertama yang memanfaatkan keistimewaan dari semikonduktor, transistor bipolar. Dioda, kapasitor, LED, dan Laser, menyusul setelahnya. Para pelaku riset bermain-main dengan elektron di dalam semikonduktor untuk mendapatkan sifat khusus komponen tersebut. Elektron di dalam semikonduktor dapat ditahan, diteruskan, atau digabungkan dengan hole tergantung kebutuhan.

Sekarang semikonduktor ada dimana-mana. Dengan menggabungkan komponen-komponen elektronika maka kita akan mendapatkan alat yang spesifik. Transistor, dioda, kapasitor, dan sedikit keajaiban dari para ahli elektronika maka kita akan mendapatkan handphone, komputer, dan perangkat elektronik lainnya. Semikonduktor dan ahli-ahli bangunan, kita akan mendapatkan smart house. Semikonduktor dan ahli-ahli otomotif, kita akan mendapatkan mobil yang sangat canggih.

Di kehidupan modern seperti ini semikonduktor memegang peranan yang sangat penting. Kehidupan yang tak lepas dari material “nanggung” ini membuat industri semikonduktor berkembang sangat pesat. Industri semikonduktor membuka lahan pekerjaan baru bagi masyarakat. Industri semikonduktor ini kebanyakan mengubah pasir silika menjadi komponen elektronik. Mari tinjau industri prosesor. Harga pasir silika kualitas tinggi hanya sepuluh ribu rupiah perkilonya (http://www.chemlink.com.au/silicon.htm). Pasir-pasir ini, dengan proses tertentu, diubah menjadi kepingan prosesor dengan harga per kepingnya mencapai jutaan rupiah. Setiap tahunnya Indonesia me-eksport pasir silika, dan me-import prosesor-prosesor buatan Amerika. Menghambur-hamburkan milyaran rupiah. Mungkin akan bertanya-tanya, tidak adakah ahli semikonduktor di Indonesia sehingga bisa menghemat ongkos tersebut? Jawabannya, tentu saja, ada. Banyak mungkin. Hanya saja masih belum bisa memenuhi biaya-biaya riset dan sebagainya. Atau memang para ahli semikonduktor ini memang dianggap tidak ada?

Semikonduktor membuka lapangan pekerjaan. Semikonduktor menghasilkan devisa yang besar. Dengan adanya semikonduktor hidup menjadi lebih praktis. Mengikuti kata iklan, semikonduktor bikin hidup lebih hidup. Mungkin tidak di Indonesia. Semikonduktor di Indonesia hanyalah berupa pasir yang di-ekspor. Semikonduktor di Indonesia hanyalah konsumsi masyarakat belaka. Atau lebih parahnya, mungkin hanya salah satu mata kuliah di Fisika ITB.

~ by Anto'Nio' on March 16, 2008.

One Response to “Me In The Middle of: Wat tu du??”

  1. Nambah satu lagi material nanggung, To. Si “Metal Nanggung”, alias Half-Metal. Setengah metal. Hehehe …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: